Cara Mudah Move On dari Mantan

iklanposting
Menurut sastrawan ternama lulusan University of FloridaLouise Parker dalam bukunya yang berjudul ‘Got Up After Broken Heart’, setidaknya disebutkan bahwa ada 10 tips yang dapat dilakukan untuk bisa bangkit dari patah hati.


1. Mencoba Introspeksi Diri

Awali dengan menilai diri Anda sendiri secara objektif. Coba koreksi kekurangan yang Anda punya. Dengan demikian, Anda bisa berupaya memperbaiki diri guna menjadi pribadi yang lebih baik. Alhasil Anda pun lebih mudah berpikir positif bahwa hanya orang yang baik pula yang pantas menjadi pendamping Anda.

2. Membiasakan Diri dengan Kondisi Baru

 
Biasakan diri Anda dengan kondisi baru. Jika saat memiliki pacar atau kekasih mungkin Anda lebih sering menghabiskan waktu berdua. Baik saat makan, liburan, atau kegiatan lainnya. Setelah putus Anda mesti membiasakan diri sebagai seseorang dengan status single. Tidak ada lagi seseorang yang mengingatkan waktu makan, mengucapkan selamat tidur, atau hal-hal lain yang bisa Anda lakukan saat masih bersama. Untuk awal-awal mungkin benar Anda akan merasa kaget dan ada yang hilang. Akan tetapi, Anda tidak boleh terlalu lama meratapinya. Segera biasakan diri dengan kondisi baru.

3. Mencoba Menyibukkan Diri

 
Tips selanjutnya yaitu mencoba menyibukkan diri. Tidak ada cara paling ampuh untuk mengalihkan pikiran Anda dari kesedihan patah hati dengan mantan kecuali menyibukkan diri sendiri. Coba sibukkan diri Anda dengan melakukan beberapa kegiatan. Sebagai contoh Anda bisa melakukan kegiatan yang menjadi hobi seperti olahraga, membaca, menulis, atau lainnya. Dengan membiasakan diri untuk terus aktif dan sibuk, pelan tapi pasti Anda akan mulai terbiasa dengan status single dan lebih mudah untuk move on.

4. Jalin Sosialisasi

 
Saat Anda masih berpacaran dengan mantan, bisa jadi sebagian besar waktu Anda dihabiskan berdua saja. Hal ini pun tanpa disadari mulai menghadirkan jarak antara Anda dengan lingkungan. Oleh karena itu, pasca putus mulailah kembali berkumpul dan bersosialisasi dengan teman dan orang-orang di sekitar Anda. Sesekali waktu Anda bisa mengajak teman untuk nonton atau makan bersama. Dengan menjalin sosialisasi Anda bisa juga mendapat dukungan dari orang-orang yang peduli sehingga akan membantu Anda untuk cepat move on.

5. Curhat

 
Putus dengan pacar seringkali memang membuat seseorang menjadi sedih. Dalam kondisi ini perasaan dan pikiran negatif cenderung mendominasi. Guna meminimalisir efek negatif tersebut Anda bisa mencoba curhat dengan sahabat terdekat yang bisa dipercaya. Curahkan semua isi perasaan Anda karena cara ini dapat membantu memahami apa yang sedang Anda rasakan. Sebagai tips, usahakan Anda curhat kepada sahabat satu gender terlebih dulu. Hal ini untuk menghindari kemungkinan terpeleset ke dalam hubungan yang hanya bertujuan untuk pelarian semata.

6. Hindari Stalking dan Mengontak Mantan

 
Satu tahapan yang cukup sulit dilakukan yaitu mencoba untuk cuek atau tidak mencari tahu apa yang dilakukan mantan serta tidak mengontak mantan. Pada waktu-waktu tertentu saat Anda sedang sendiri seringkali muncul dorongan untuk mengirim pesan singkat atau menelepon mantan. Seringkali tanpa sadar Anda pun tergoda untuk stalking, yaitu menguntit status sosial media seperti facebook atau twitter milik mantan. Oleh karena itu, Anda mesti menjauhkan diri dari gadget atau media elektronik lainnya dari jangkauan pada jam-jam rawan. Hal ini cukup efektif memberi waktu bagi Anda untuk berpikir ulang. Alihkan waktu Anda untuk menghubungi sahabat.

7. Mandi Shower

 
Diketahui bahwa mandi shower ampuh mengubah mood yang buruk menjadi lebih baik. Jadi, jika Anda sedang bersedih cobalah untuk mandi shower. Tidak ada salahnya apabila Anda menghabiskan waktu sedikit lebih lama saat mandi shower agar pikiran bisa menjadi lebih fresh dan jernih dibandingkan sebelumnya.

8. Makan Cokelat

Cokelat memiliki kandungan yang ampuh menstimulasi produksi hormon endoprin dalam tubuh. Hormon inilah yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan nyaman. Mood atau suasana hati yang tidak baik pun bisa berubah menjadi baik.

9. Menulis Jurnal Harian

 
Menulis dapat membantu melepaskan perasaan sedih, terutama saat Anda sedang aktif memikirkan mantan kekasih. Saat Anda merasakan rindu, marah atau kehilangan, maka tulislah semua ungkapan perasaan tersebut dalam jurnal harian. Jurnal tersebut dapat berupa file dokumen atau buku. Dari jurnal harian yang sudah Anda tulis, Anda bisa mendapatkan manfaat rasa lega karena sudah menuliskan luapan perasaan. Selain itu, Anda bisa mengetahui apa yang menjadi titik lemah diri Anda sendiri. Misalnya rasa rindu muncul saat mendengar lagu tertentu, dengan demikian anda bisa menghindari faktor pemicunya.

10. Belajar Membuka Hati

 
Tips yang terakhir yaitu belajar membuka hati. Jangan biarkan hati Anda sakit terlalu lama. Belajarlah untuk membuka hati dengan cara mempersiapkan diri dan hati Anda untuk memulai berkenalan dengan sosok baru. Pastikan untuk tidak langsung menutup hati jika memang ada gejolak yang muncul antara Anda dan sosok baru tersebut. Saat hati sudah mulai terisi dengan sosok baru, pastinya hal itu dapat membantu Anda untuk move on dari mantan. Akan tetapi hati-hati, hal ini tidak berarti Anda boleh langsung mencari pacar baru setelah putus. Jika tergesa-gesa, biasanya pacar baru tersebut hanya menjadi pelarian yang sebenarnya tidak menyelesaikan masalah.

Nah itu tadi adalah tips atau cara mudah move on dari mantan, mudah-mudahan bisa membantu Anda yang sedang patah hati.


EmoticonEmoticon